Selasa, 18 Oktober 2011

JOKO TINGKIR


Arya Penangsang begitu puas… dengan laporan bahwa Pangeran Kalinyamat telah tewas …!!! Hampir mulus jalannya untuk menguasai tahta Demak …!!! Namun ia agak gusar… mengingat masih ada batu sandungan untuk mewujudkan ambisinya tersebut …!!! Yup,… batu sandungan itu adalah Joko Tingkir… yang merupakan menantu dari Sultan Demak …!!! Ia berpikir keras bagaimana menyingkirkan Joko Tingkir, Adipati Pajang… dan ia mendapatkan ide dengan mengirim prajurit pilih tanding Jipang… !!! Tentu saja prajurit ini dibekali keris pusaka… yaitu keris pusaka milik Arya Penangsang sendiri… keris Kyai Setan Kober …!!!
Akhirnya Arya Penangsang mengirim 4 prajurit pilihan… kepada mereka dibekali keris pusakanya… dan pesan seperti biasa… jika berhasil segala hadiah dan kemasyuran menanti… jika gagal hanya kematian yang dijumpai …!!! Mereka juga sudah diwanti-wanti… tidak boleh mengungkap siapa mereka… lebih baik bocor peruuut ketimbang bocor muluuut …!!! Keempat prajurit menerima keris pusaka dengan suka cita… dan optimis dapat menjalankan tugas …!!!

http://triatmono.files.wordpress.com/2010/11/keris-pusaka.jpg?w=320&h=240&h=240


Keempat prajurit langsung menuju ke Pajang… dan dengan mengendap-endap… dan membaca rapalan Aji sirep… beberapa prajurit langsung gletaaaak… molooor bin ngoroook …!!! Di tempat terpisah,… Ki Ageng Pemanahan… cucu Ki Ageng Sela… agak gelisah …!!! Ia mempunyai firasat agak jelek… dan ia memutuskan untuk berkeliling ke wilayah keputren… bersama Ki Ageng Panjawi, anak angkat dari Ki Ageng Ngenis, ayah dari Ki Ageng Pemanahan …!!!
Firasat Ki Ageng Pemanahan sebagai lurah tamtama Pajang… tenyata benaaar …!!! Ia agak kaget,.. ketika melihat beberapa prajurit gletaaak bin ngoroook… !!! Nuansa sirep begitu kental… dan ia langsung menuju keputren tempat pembaringan Adipati Hadiwijaya aka Joko Tingkir …!!! Terkejut laaagh ia melihat pemandangan di tempat pembaringan Adipati Hadiwijaya …!!! Keempat prajurit slih berganti menghujam badan Joko Tingkir dengan sebilah keris …!!!
http://triatmono.files.wordpress.com/2011/04/tombak.jpg?w=319&h=229&h=229
Tubuh Joko Tingkir ternyata kebal… tidak terluka sedikitpun… padahal ia ditikam dengan keris sakti yaitu Keris Kyai Setan Kober …!!! “Apa yang kalian lakukan disitu …???” demikian hardik Ki Ageng Pemanahan …!!! Keempat prajurit sangat terkejut… mereka langsung menyerang Ki Ageng Pemanahan… !!! Mereka ternyata bukanlaaagh lawan dari Ki Ageng Pemanahan… ketika keris menghujam… Ki Ageng Pemanahan menghindar… dan memukul pergelangan tangan prajurit yang memegang keris tersebut …!!! Keris terlepas dari genggaman… pergelangan tangan prajurit patah dan remuk… dan mereka bukanlah lawan cucu Ki Ageng Sela tersebut …!!!
Dalam waktu singkat… keempat prajurit pun dengan beberapa kali gebrakan… sudah jogroook … tiada daya dan menyerak kalaagh …!!! Keributan ini membangunkan Adipati Hadiwijaya dari tidurnya… dan ia kaget melihat 4 prajurit yang menyamar …!!! Terlebih lagi ia melihat keris yang ia kenal… keris milik Arya Penangsang… masih seperguruan dengannya… dari murid Sunan Kudus …!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar